Online Test KTJ
Test Online Merancang Bangun Jaringan
Selasa, 26 Agustus 2014
Komputer Terapan Jaringan
Mengenal Bagian-Bagian Komputer :
Berdasarkan fungsinya komputer perangkat keras komputer dibagi menjadi
1.Input devince (unit masukan)
2.Process devince (unit pemprosesan)
3.Out put devince (Unit keluaran)
4.Backing Storage (unit penyimpanan)
5.Pariferal (unit tambahan)
Unit masukan (input devince)
Unit masukan berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan prosesor untuk di olah guna menghasilkan informasi yang di perlukan.input devince yang umum di gunakan pada personal computer(pc) adalah keybord,mouse,joystik,scaner touch pad, dan microphone.
Process Devince (Unit Pemprosesan)
CPU (central Prosesing Unit)
Otak dari sebuah komputer adalah CPU. Fungsi dari CPU adalah sebagai pemprosesan dan pengolahan data yang selanjutnya dapat menghasilkan informasi yang di perlukan.
Out put Device(unit Keluaran
Peralatan keluaran yang dapat menyajikan informasi yang dibutuhkan disebut .output Device(unit keluaran).
Output yang di hasilkan dari pengolahan data dapat di golongkan ke dalam empat macam bentuk sebagai berikut:
Tuisan
Gamabr
Suara
4 Elemen Sistem komputer :
1. Pemroses
2. Memori Utama
3. Perangkat I/O
4. Interkoneksi
Bagaiman Komputer Berjalan....?
- Sister Operasi Akan Memanfaatkan Sumber Daya Perangkat Keras Dari CPU Dalam Menyediakan Layanan Untuk Para Pengguna Sistem
- Sistem Memori Juga Akan Melakukan Pengaturan Memori Sekunder Dan Perangkat Masukan Keluaran (I/O)
Kinerja Pemroses :
-Mengontrol operasi komputer dan melakukan fungsi pengolahan data. Apabila hanya mempunyai sebuah prosesor, prosesor tersebut disebut Central Processing Unit (CPU).
-Pemroses melakukan penghitungan, melakukan operasi logika, serta mengelola aliran data dengan membaca insstruksi dari memori dan kemudian mengeksekusinya
Langkah Kerja Pemroses :
- Mengambil instruksi biner dari memori
- Mendekode instruksi menjadi aksi sederhana
- Menjalankan aksi perintah
Tipe Operasi Komputer :
- Aritmatika (ADD, SUBSTRACT, MULTIPLY, DIVIDE)
- Logika (OR, AND, XOR, INVERTION)
- Pengendalian (LOOP, JUMP)
Komponen Pemroses :
- ALU (Aritmatic Logic Unit)
Melakukan operasi aritmatika dan logika.
- CU (Control Unit)
Sebagai pengendali operasi sistem komputer.
- Register-register
Fungsi Register :
User-visible Register : Digunakan Dlm Bahasa Program/Mesin, Menterjemahkan Perintah Program Yg Dibuat Dengan Bahasa Program Tertentu.Meminimalisasi Memori Utama, Dan Mengoptimalkan Register. Jenis Register Yang Umumnya Tersedia Adalah Register Data, Register Alamat, Dan Kode Kondisi
Register Data :
Dapat Di-assign Ke Beraneka Ragam Fungsi Oleh Pemrogram. Pada Keadaan Tertentu, Register Bersifat Serbaguna Dan Dapat Pula Digunakan Dengan Sembarang Instruksi Mesin Yang Sedang Melakukan Operasi Data. Namun, Terdapat Keterbatasan Yang Harus Dicermati, Misalnya Dalam Kasus Pemrograman Harus Memperhitungkan Ketersediaan Register Untuk Operasi Floating-point
Register Alamat :
Merupakan Alamat Data Dan Instruksi Yang Terdapat Di Dalam Memori Utama, Atau Register Yang Berisi Bagian Alamat Yang Digunakan Dalam Perhitungan Alamat Lengkap. Register Ini Dapat Pula Ditujukan Untuk Mode Pengalamatan .
Contoh : Indeks Register, Segment Pointer, Stack Pointer
Beberapa Register Penting Dalam Eksekusi Instruksi :
Program Counter (PC), Berisi Alamat Instruksi Yang Akan Digunakan.
Instruction Register (Ir), Berisi Instruksi Yang Terakhir Digunakan
Pengolahan Instruksi Terdiri Dari Dua Langkah :
Pemroses Membaca Instruksi Dari Memori (Fetch), Secara Satu Persatu Dari Memori
Pemroses Melakukan Eksekusi Instruksi (Execute), Dapat Terdiri Dari Beberapa Operasi Serta Tergantung Pada Sifat Instruksinya
Memori Utama Pada Komputer :
Memori Berfungsi Dalam Penyimpanan Data Dan Aplikasi. Dengan Mempunyai Sifat Volatile,
Sehingga Tidak Dapat Mempertahankan Data Dan Aplikasi Yang Disimpan Atau Sedang Berjalan Apabila Tidak Mempunyai Sumber Daya Energi (Listrik). Memiliki Konsep Program Tersimpan (Stored Program Concept), Yaitu Kumpulan Instruksi Yang Disimpan Di Suatu Tempat (Memori) Untuk Kemudian Instruksi Tersebut Dieksekusi
Memori Cache
Bertujuan Untuk Memberikan Kecepatan Memori Yang Mendekati Kecepatan Memori Yang Tercepat, Sekaligus Memberikan Memori Semikonduktor Berukuran Besar Dengan Harga Murah
Buffering
Bagian Memori Utama Untuk Menampung Data Yang Akan Ditransfer Dari/Ke Perangkat I/O Dan Penyimpan Sekunder. Buffering Dapat Mengurangi Frekuensi Pengaksesan Dari/Ke Perangkat I/O Dan Penyimpan Sekunder Sehingga Meningkatkan Kinerja Sistem
Perangkat I/O Memindahkan Data Antara Komputer Dan Lingkungan Eksternal
Perangkat Eksternal :
- Penyimpan Sekunder
- Perangkat Komunikasi
- Terminal
Interkoneksi Antar Komponen :
Interkoneksi Merupakan Struktur Dan Mekanisme Dalam Menghubungkan Semua Komponen Yang Terdapat Di Dalam Sistem Komputer, Yang Disebut Sebagai Bus
Bus Alamat (Address Bus)
Berisi 16, 20, 24 Jalur Sinyal Paralel Atau Lebih. CPU Mengirim Alamat Lokasi Memori Atau Port
Yang Ingin Ditulis Atau Dibaca Di Bus Ini. Jumlah Lokasi Memori Yang Dapat Dialamati Ditentukan Jumlah Jalur Alamat. Jika CPU Mempunyai N Jalur Alamat Maka Dapat Mengalamati 2 Pangkat N (2N) Lokasi Memori Dan/Atau Port Secara Langsung
Bus Data (Data Bus)
Berisi 8, 16, 32 Jalur Sinyal Paralel Atau Lebih. Jalur-jalur Data Adalah Dua Arah (Bidirectional).CPU Dapat Membaca Dan Mengirim Data Dari/Ke Memori Atau Port. Banyak Perangkat Pada Sistem Yang Dihubungkan Ke Bus Data, Tetapi Hanya Satu Perangkat Pada Satu Saat Yang Dapat Menggunakannya
Bus Kendali (Control Bus)
Berisi 4-10 Jalur Sinyal Paralel. CPU Mengirim Sinyal-sinyal Pada Bus Kendali Untuk Memerintahkan Memori Atau Port
Sinyal BUS Kendali/Control :
Memory Read
1.Untuk Memerintahkan Melakukan Pembacaan Dari Memori.
2.Memory Write
Untuk Memerintahkan Melakukan Penulisan Ke Memori.
3.I/O Read
Untuk Memerintahkan Melakukan Pembacaan Dari Port I/O.
4.I/O Write
Untuk Memerintahkan Melakukan Penulisan Ke Port I/O.
Mekanisme Pembacaan Data Dari Suatu Lokasi Memori
CPU Akan Mengirim Alamat Memori Yang Dikehendaki Melalui Bus Alamat Kemudian Mengirim Sinyal Memory Read Pada Bus Kendali. Sinyal Tersebut Memerintahkan Ke Perangkat Memori Untuk Mengeluarkan Data Pada Lokasi Tersebut Ke Bus Data Agar Dibaca CPU