Test Online Merancang Bangun Jaringan

Google


myfiles26 blogspot

Selasa, 09 Agustus 2011

Internetan Laptop dan Notebook Dg Sharing USB Modem



Internetan di Notebook dengan cara sharing USB Modem(berbagi modem)dengan Laptop.Koneksi Laptop dengan Notebook dihubungkan dengan kabel jaringan tanpa menggunakan HUB.Cara pengkabelannya menggunakan cara Crossing. Panjang kabel disesuaikan kebutuhan jarak Laptop dan Notebook. Cara ini sangatlah praktis, karena kabel jaringannya bisa kita lepas pasang.Berikut Tipsnya ..

Laptop terlebih dahulu diinstal driver USB Modem. Kemudian lakukan konfigurasi/setting IP address pada Laptop. Berikut cara menkonfigurasi IP Addres pada Laptop.
1.Buka pada menu control panel, pilih Network Connection,maka akan muncul seperti pada gbr. berikut :



2.Lakukan click kanan pada Local Area Connection Properties, pilih properties. Maka akan muncul gbr menu,seperti ini:



3.Pilih Internet Protocol (TCP/IP), lalu pilih properties, maka akan muncul menu pengisian IP Address.Isilah nomor IP Addressnya. Contoh pengisian IP Address



Berikut cara konfigurasi sharing (berbagi)USB modem yang dipasang pada Laptop :
1.Buka menu Control Panel, pilih Network Connection, lalu click kanan pada Local Area Connection USB Modem, seperti pada gbr berikut :



Setelah itu akan muncul gbr seperti ini, lalu pilih Advance.



maka akan muncul menu pilihan konfigurasi sharing modem, pilihlah seperti pada gbr berikut (yaitu pilihan Allow other network users to connect through computer internet conection): Lalu Click Ok.



Pada Notebook, kita lakukan konfigurasi IP Address dengan pengisian IP Address Automatically. Langkah Pengisiannya sama dengan langkah pada pengisian IP Address pada Laptop. Lihat Gbr. IP Address Automatically.



Sekarang kita membuat kabel jaringan dengan metode Crossing (silang):
1.Konektor RJ-45



2.Kabel Jaringan UTP


3.Crimping Tool, untuk mengepres kabel pada konektor



Cara Memasang kabel pada konektor :
1.Kupas kabel UTP, dan ratakan ujung-ujungnya dengan Crimping tool. Lalu urutkan warna kabelnya. Urutannya sebagai berikut :
untuk konektor 1,urutan kabel adalah :
1.Orange putih
2.Orange
3.Hijau putih
4.Biru
5.Biru putih
6.Hijau
7.Coklat putih
8.Coklat

Untuk konektor 2,urutan kabelnya adalah :
1.Hijau putih
2.Hijau
3.Orange putih
4.Biru
5.Biru putih
6.Orange
7.Coklat putih
8.Coklat

catatan : bila kita mengurutkan warna kabel dimulai dari arah kiri ke kanan dengan warna orange putih urutan pertama,untuk konektor 1, maka untuk konektor 2, urutan warna yang pertama (hijau putih harus berada pada sisi kiri juga). Lakukan urutan warna kabel sesuai dengan urutan warnanya seperti di atas.

Kemudian, masukan kabel pada konektor, dan pres lah dengan crimping tool.Lakukan tes kabel dengan tester kabel jaringan, lihatlah indikator lampu yang menyala pada konektor 1 dan 2. Bila pada konektor 1, yang menyala pada urutan 1, maka konektor 2 harus menyala urutan 1, begitu seterusnya. Bila ada yang menyala tidak sama urutannya, maka ada kesalahan dalam mengurutkan kabel, atau kurang rata ujung kabelnya, sehingga tidak menyentuh pada ujung konektor.Gbr. tester kabel jaringan :



Selanjutnya cara mengkoneksikan notebook dan koneksi internet:
1.Pasang kabel jaringan masing-masing ujungnya ke Laptop dan Notebook.
2.Lakukan connect modem yang terpasang pada Laptop. Setelah ada koneksi dari modem, kemudian,pada Notebook lakukan koneksi, click mozzila. Disamping Laptop bisa koneksi internetan, maka Notebook juga bisa koneksi internetan dan koneksi Local Area Connection dengan Laptop.
Selamat mencoba...

lintasberita